Kamis, 19 September 2013

Kaitan Masyarakat, Kebudayaan, dan Perkembangan Teoritis Pendidikan

07.29

Kaitan Masyarakat, Kebudayaan, dan Perkembangan Teoritis Pendidikan
setiap rumusan pendidikan menjalin pengertian masyarakat, kebudayaan dan teoritis. Antara pendidikan, masyarakat, kebudayaan dan teoritis memiliki kaitan yang sangan erat, kaitannya tersebut berkenaan dengan nilai yang terkandung (velues). Pendidikan tidak bisa lepas dari kebudayaan, teoritis dan pendidikan hannya dapat terlaksana dalam suatu masyarakat.



Dalam pendidikan tidak dapat terlaksana jika tidak ada masyarakat di dalamnya. Hal itu karena pendidikan yang memanusiakan manusia berarti pelaksananya adalah manusianya itu sendiri, dan manusia itu sendiri adalah bagian dari masyarakat didalamya.
Apabila kebudayaan memiliki tiga pengertian penting yaitu : kebudayaan sebagai tata kehidupan (order), kebudayaan sebagai suatu process, dan kebudayaan memiliki visi tertentu (goal). Sehingga pendidikan dalam rumusan tersebut adalah proses pembudayaan.
Menurut Dwi siswoyo (2011: 64) teori pendidikan pada kalangan pendidikan mencermati pendidikan, disamping sebagai gejala, juga sebagai upaya, pada gilirannya, pandangan bahwa pendidikan sebagai gejala sekaligus upaya ini melahirkan teori-teori pendidikan (theories of education). Secara berjalannya waktu dalam pendidikan akan yimbul teori-teori pendidikan yang dibutuhkan guna menyempurnakan pendidikan itu sendiri.

SALAM SEMANGAT PEMUDA INDONSIA

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

 

© 2013 DUNIA BELAJAR. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top